Dijuluki Si Pembawa Sial, Kucing Hitam Jarang Diadopsi


Kucing dengan bulu berwarna hitam legam selalu dikonotasikan dengan si pembawa nasib buruk. Anggapan ini ternyata bukan sekedar takhayul bagi kebanyakan orang, karena nasib buruk sepertinya benar-benar terjadi pada kucing berbulu hitam. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Anthrozoos menyatakan, anggapan negatif “pembawa sial” terhadap kucing hitam lebih dari sekadar takhayul. Karena ternyata, stereotipe itu mempengaruhi seseorang untuk mengadopsi kucing berwarna hitam dibanding dengan kucing warna lainnya untuk dipelihara.

“Penelitian sebelumnya menunjukkan apa yang dinamakan ‘sindrom kucing hitam’, di mana kucing yang berwarna hitam dan coklat lebih sedikit diadopsi dibanding kucing dengan warna lain,” ungkap Mikel Delgado peneliti dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat. Lebih lanjut lagi Delgado tertarik untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap interaksi antara kepribadian dan warna bulu yang dimiliki kucing. Studi pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa kucing hitam kerap kali bernasib malang dan merana di tempat penampungan karena tidak ada yang ingin mengadopsinya. Bahkan hingga adanya kemungkinan dimusnahkan dengan sengaja karena tak kunjung ada yang berminat untuk mengadopsi.

Para peneliti menduga para pengadopsi termakan oleh takhayul yang menyatakan kucing hitam adalah pembawa nasib buruk dalam kehidupan. Namun, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana yang sebenarnya terjadi, Delgado menemui pecinta kucing di situs Craigslist dan melibatkan mereka dalam penelitian.

Mereka diminta untuk menilai dan membandingkan kucing warna hitam, warna campuran, dan oranye. Para pecinta kucing menganalisa kepribadian kucing-kucing tersebut meliputi keramahan, kemalasan, dan tingkat keras kepala. Semua pecinta kucing mengatakan jika kepribadian merupakan salah satu faktor penting dalam memilih kucing. Warna kucing yang berbeda juga mempengaruhi kepribadian yang berbeda. Selain itu, dari segi kepribadian ternyata kucing hitam dikenal lebih antisosial dibanding kucing berwarna putih dan kucing dengan beberapa campuran warna. Melihat hasil penelitian ini, maka kucing-kucing hitam di tempat penampungan atau pun di jalan, akan semakin kesulitan mencari majikan yang mau mengadopsinya.

Sumber – http://kaskus.co.id/

About herudwisusanto

I’m is a good person,simple guys,make a happy,make be fun,enjoy guys,not like be angry,and all.it’s very-very good for friendship,for share and briefing,for surf the information.and all categories..So,don’t scary to make a friend with me.OK..!!!

Posted on November 11, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Dwipa Nusantara Blog................

MengIndonesiakan Indonesia !!!

heruwiesusanto's Blog

Just for you ..

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: